Innocircle launching 9 startup di SMKN 1 Purwokerto

oleh : Aef Nandi S

Berkolaborasi dengan Techopark, Innocircle.id launching sembilan startup pada hari kamis, 6 Desember 2018 di halaman SMKN 1 Purwokerto. Kegiatan itu dihadiri oleh pejabat dari dinas perindustrian tingkat provinsi dan daerah,  pendidikan, Bandung Technopark danserta kepala sekolah dari SMK N lainya di Banyumas.

Bagi innocircle, launchingnya startup yang didirikan siswa SMK ini menunjukan tingginya antusiasme anak muda pada dunia startup.

“Kami adalah inkubator startup coop yang membantu founder startup potensial merealisasikan idenya. Kami juga mengkampanyekan startup pada generasi muda sekaligus membangun ekosistem startup di Banyumas dengan cara berkolaborasi dengan berbagai pihak” ujar Anis Sa’adah, CEO innocircle inntiatives.

Anis menambahkan, untuk sampai ke tahap prototype, tim innocirle melakukan mentoring selama 1 bulan. Startup itu adalah full-design, Cointrash, NangAe Security, Hagada, Holla Jamu, SS Water, Obelix, dan D’jamu. Meksipun masih dalam bentuk prototype, startup karya siswa-siswi SMK ini memiliki potensi bisnis yang menjanjikan.

Harapannya, karya siswa ini bermanfaat dan dapat dijadikan bahan kerjasama dengan industri dan masyarakat pada umumnya. Tak hanya itu, Technopark menjadi wadah pelatihan calon-calon startup khususnya siswa SMKN 1 Purwokerto dan siswa sekolah lain yang mempunyai karya inovatif untuk dikembangkan. “Kami berharap bisa bermanfaat dan bisa bekerjasama dengan industri. Jadi tempat latihan calon startup siswa kami, bisa siswa lain yang punya karya inovatif kami wadahi untuk dikembangkan,”  kata Direktur Technopark SMKN 1 Purwokerto Carso.

Innocircle sendiri adalah inkubator startup coop (startup koperasi) yang membantu founder startup potensial mewujudkan impiannya memiliki startup dengan prinsip koperasi. Saat ini terhitung ada 12 tenant startup yang mengikuti program inkubasi di innocircle.