Kegagalan Startup dan Penangkalnya

Kegagalan startup harus terjadi secara cepat tanpa ada resiko yang besar.Dari kegagalan tersebut harus menjadi motivasi kembali untuk merintis startup. Berikut adalah beberapa cara untuk memvalidasi sejak awal untuk menghindari kegagalan yang beresiko besar

Sembilan puluh hingga sembilan puluh lima persen startup gagal dalam lima tahun pertama. Sebagian besar gagal dalam 12 hingga 18 bulan pertama. Kegagalan startup seharusnya bukan masalah besar. Kenyataannya, menemukan sisi yang sulit adalah apa yang dimaksud dengan startup.

Ide startup harus  diuji agar menemukan “ide yang tidak akan bertahan”, “ide yang bisa dijalankan”, dan yang paling penting adalah “ide yang bisa di skalakan(scalable)”

Penangkal dari Kegagalan Startup

Jika startup anda gagal, meskipun anda menghindari dan menjauhinya, maka anda harus mengerjakan pekerjaan sulit berikut se segera mungkin. Tinggalkan pekerjaan rutinitas anda sekarang dan mulai lah menjawab empat pertanyaan berikut. Pertanyaan berikut akan mendorong anda beinteraksi dengan orang dan mengharuskan anda keluar dari bangunan anda selama ini mengerjakan startup :

  • Apakah masyarakat menginginkan startup anda?
  • Berapa biaya yang dibutuhkan untuk menemukan pelanggan anda?
  • Berapa banyak mereka harus membayar untuk itu?
  • Seberapa banyak dari masyarakat yang akan menjadi pelanggan anda?

Penangkal ini untuk mengetahui market fit produk Anda. Ini bukan ukuran keberhasilan , tetapi dapat digunakan untuk mengesampingkan kegagalan yang akan segera terjadi. Dan, itu dapat digunakan untuk menentukan potensi pendapatan bisnis Anda. 

Mungkin Anda harus mengejar bisnis gaya hidup. Mungkin yang satu ini tepat untuk pendanaan investasi. Mungkin sudah waktunya untuk membunuh ide ini dan mencoba ide berikutnya. Menjawab pertanyaan penangkal dapat mengarahkan Anda ke arah yang benar. 

Bagaimana Anda mendapatkan jawaban yang dijawab akan membuat beberapa perubahan.

Anda adalah seorang wirausahawan kreatif, jadi kreatiflah dan kerjakan pekerjaan terpenting sekarang!